Jembatan dan terowongan terpanjang didunia
Definisi Jembatan
Jembatan adalah suatu struktur kontruksi yang memungkinkan route transfortasi melalui sungai, danau, kali, jalan raya, jalan kereta api dan lain-lain. Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan pembuang . Jalan ini yang melintang yang tidak sebidang dan lain-lain.
Sejarah jembatan sudah cukup tua bersamaan dengan terjadinya hubungan komunikasi / transportasi antara sesama manusia dan antara manusia dengan alam lingkungannya.
Macam dan bentuk serta bahan yang digunakan mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan jaman dan teknologi, mulai dari yang sederhana sekali sampai pada konstruksi yang mutakhir.
Mengingat fungsi dari jembatan yaitu sebagai penghubung dua ruas jalan yang dilalui rintangan, maka jembatan dapat dikatakan merupakan bagian dari suatu jalan, baik jalan raya atau jalan kereta api. Berikut beberapa jenis jembatan :
1.Jembatan diatas sungai
2.Jembatan diatas saluran sungai irigasi/ drainase
3.Jembatan diatas lembah
4.Jembatan diatas jalan yang ada / viaduct
Bagian-bagian Konstruksi Jembatan terdiri dari :
1. Konstruksi Bangunan Atas (Superstructures)
Konstruksi bagian atas jembatan meliputi :
•Trotoir : - Sandaran + tiang sandaran
-Peninggian trotoir / kerb
-Konstruksi trotoir
•Lantai kendaraan + perkerasan
•Balok diafragma / ikatan melintang
•Balok gelagar
•Ikatan pengaku (ikatan angin, ikatan rem,ikatan tumbukan)
•Perletakan (rol dan sendi)
Sesuai dengan istilahnya, bangunan atas berada pada bagian atas suatu jembatan, berfungsi menampung beban-beban yang ditimbulkan oleh suatu lintasan orang, kendaraan, dll, kemudian menyalurkan pada bangunan bawah.
2. Konstruksi Bangunan Bawah (Substructures) Konstruksi bagian bawah jembatan meliuputi : 1Pangkal jembatan / abutment + pondasi 2 Pilar / pier + pondasi
Bangunan bawah pada umumnya terletak disebelah bawah bangunan atas. Fungsinya untuk menerima beban-beban yang diberikan bengunan atas dan kemudian menyalurkan kepondasi, beban tersebut selanjutnya oleh pondasi disalurkan ke tanah.
Pada umumnya suatu bangunan jembatan terdiri dari enam bagian pokok, yaitu :
1.Bangunan atas
2.Landasan
3.Bangunan bawah
4.Pondasi
5.Oprit
6.Bangunan pengaman jembatan.
Berikut adalah Nama –Nama Jembatan terpanjang di dunia:
Nama Lokasi Konstruksi Panjang(m)
1.
Pontchartrain Lousiana,AS - 38.400
2.
Akashi-Kaikyo Jepang Gantung 1.750
3.
Humber Est. Inggris Gantung 1.410
4.
Verrazano. N New
York,AS Gantung 1.298
5.
Golden gate California,AS Gantung 1.280
6.
Guebec Rail Kanada Topang 549
7.
Forth Rail Skotlandia Topang 518
8.
New river.G West
Virginia Baja 518
9.
Bayonne New
Jersey Baja 504
10.
Sydney.H Australia Baja 503
terowongan terpanjang didunia
Berikut adalah Nama –Nama terowongan terpanjang di dunia:
Nama: Lokasi Panjang (Km)
1.
Simpion Swiss-Italy 20.044
2.
Apenne Italy 18.618
3.
St.Toschberg Swiss 14.990
4.
Lotschberg Swiss 14.606
5.
Hokuriko Jepang 13.870
6.
Shinzhimuzu Jepang 13.170
7.
Coscade Amerika 13.170
8.
Cenis Mount Perancis-Italy 12.233
9.
Kubiki Jepang 11.360
10.
Arlberg Austria 10.270
0 Feed back:
Post a Comment