-->

Wednesday 18 November 2015

Peta Penyebaran Umat Islam di Dunia
Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Pew Research Center’s Forum on Religion & Public Life di 232 negara di dunia, jumlah umat Islam di seluruh dunia saat ini sekitar 1,57 miliar orang, dari semua usia. Jumlah itu mewakili 23 persen total penduduk dunia yang jumlahnya mencapai 6,8 miliar jiwa sampai tahun 2009.
Hasil studi itu juga menemukan fakta bahwa umat Islam bisa ditemui di hampir seluruh lima benua. 60 persen dari jumlah Muslim sedunia berada di kawasan Asia dan 20 persen berada di Timur Tengah serta Afrika Utara. Meski demikian, kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara adalah wilayah yang paling banyak memiliki negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Lebih dari 300 juta Muslim atau sekitat seperlima dari populasi Muslim sedunia, tinggal di negara-negara dimana Islam bukan agama mayoritas. Tetapi populasi Muslim di negara-negara non-Muslim ini jumlahnya cenderung besar. Negara India misalnya, jumlah Muslim di India adalah ketiga terbesar di dunia. Populasi Muslim di China lebih besar dibandingkan di Suriah. Begitu pula di Rusia, populasi Muslim di negara ini lebih besar dibandingkan di Yordania dan Libya.

Dari seluruh populasi Muslim, 10-13 persen adalah Muslim Syiah dan 87-90 persen adalah Muslim Sunni. Muslim Syiah dalam jumlah besar, 68 dan 80 persen hanya ditemui di empat negara; Iran, Pakistan, India dan Irak.

Dalam risetnya, Pew Forum bekerjasama dan berkonsultasi dengan hampir 50 orang pakar demografi dan pakar ilmu sosial di universitas dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia. Mereka menganalisa sekitar 1.500 sumber data, termasuk laporan-laporan sensus penduduk, studi demografi dan survei-survei kependudukan.

Untuk tahun 2010, Pew Forum akan merilis hasil studinya tentang tingkat pertumbuhan populasi Muslim dunia berdasarkan hasil temuan studi pemetaan ini

0 Feed back:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
WAES ALQORNY
+6285-60001-3003
Brebes, Indonesia

Powered by Blogger.

About

Facebook

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts

Instagram Photo Gallery

Blog Archive

Follow Us

Sponsor

Recent Posts

Site Links

Saya Waes alqorny, kelahiran Brebes 09 Mei 1991, setelah menempuh program S1 di salah satu perguruan tinggi Swasta di Yogyakarta saya berkarir sebagai staf IT diperusahaan telekomunikasi di Jakarta. disela-sela kesibukan saya terkadang menyisihkan waktu untuk menulis di blog pribadi dan menyelesaikan proyek desain grafis.

Latest Post

Popular Posts