-->

Monday 30 November 2015

Jenis Server Komputer Berdasarkan Fungsinya
Jenis server komputer berdasarkan fungsinya ada beberapa macam. Dalam penamaan dan penyebutan sebuah server, anda mungkin sering mendengar nama nama seperti Web server, Mail server, Database server, dan lain lain.
Nama-nama tersebut adalah sebutan untuk server-server yang bertugas untuk memberikan layanan seperti yang disebutkan. Lebih spesifik lagi mungkin anda akan mendengar nama-nama seperti MySQL Server, SQL Server, PostgreSQL Server, DB2 Server, Oracle Server dan lainnya. Nama-nama ini adalah nama-nama spesifik untuk database server, dimana nama server tersebut dinamakan berdasarkan perangkat lunak pelayanan yang digunakan.


Berdasarkan fungsinya, sebuah server dapat dikategorikan sebagai berikut:
  • Server aplikasi (Aplication server)
  • Server data (Data server).
  • Server layanan (Services server)
Server aplikasi
Server ini bertugas menjalankan aplikasi tertentu yang menyediakan sumber dayanya untuk dapat diproses komputer lainnya di jaringan.
Yang termasuk dalam kategori jenis server ini adalah server-server yang menjalankan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk program-program tertentu seperti program yang berhubungan dengan fungsi accounting, penjualan, dan lain sebagainya.
Server ini dalam skala kecil biasanya juga merangkap menjadi server data.

Server data
Server ini berfungsi menyimpan dan memberikan data dari atau dan ke komputer yang ada dalam sebuah jaringan. Jadi semua data kegiatan yang ada dalam satu organisasi/ perusahaan dapat ditampung oleh server jenis ini.
Bentuk datanya sendiri bisa berupa file-file dan folder seperti yang dimiliki oleh komputer lain di jaringan, maupun data yang dimasukkan ke dalam file basis data atau database.
Server yang menyimpan file dan folder yang sama dengan komputer lain di jaringan dinamakan File Server, sedangkan server yang menjalankan perangkat lunak database tertentu dinamakan database server.

Server pelayanan
Server layanan adalah sebuah server yang berfungsi menyediakan suatu layanan yang berhubungan dengan jaringan. Server jenis inilah yang menjadi tulang punggung internet dewasa ini. Karena banyak layanan-layanan internet seperti hosting, DNS, DHCP, Apache, IIS dijalankan oleh server jenis ini.

Bukan hanya dalam jaringan internet saja, dalam sebuah jaringan organisasi pun server layanan banyak digunakan seperti untuk kebutuhan DHCP, proxy, layanan direktori (directory service), dimana salah satu dari layanan layanan ini dibutuhkan oleh komputer lainnya yang ada di dalam jaringan.

Sumber: Jurnalweb.com

0 Feed back:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
WAES ALQORNY
+6285-60001-3003
Brebes, Indonesia

Powered by Blogger.

About

Facebook

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts

Instagram Photo Gallery

Blog Archive

Follow Us

Sponsor

Recent Posts

Site Links

Saya Waes alqorny, kelahiran Brebes 09 Mei 1991, setelah menempuh program S1 di salah satu perguruan tinggi Swasta di Yogyakarta saya berkarir sebagai staf IT diperusahaan telekomunikasi di Jakarta. disela-sela kesibukan saya terkadang menyisihkan waktu untuk menulis di blog pribadi dan menyelesaikan proyek desain grafis.

Latest Post

Popular Posts