Thursday, 26 November 2015

Fitur Baru Android versi "M" Marshmallow


Android 6.0 "Marshmallow" merupakan pemutakhiran yang akan datang untuk sistem operasi telepon genggam Android, kemungkinan besar akan dirilis pada Q3 2015 ("sementara dijadwalkan untuk September"), dengan pratayang ketiga dan terakhir dirilis pada tanggal 17 Agustus 2015. Pertama diperkenalkan di Google I/O pada tanggal 28 Mei 2015, Marshmallow terutama akan berfokus pada perbaikan inkremental dan penambahan fitur lainnya. 

Pratayang pengembang Android "M" dirilis pada tanggal 28 Mei 2015, untuk telepon genggam Nexus 5 dan Nexus 6, tablet Nexus 9, dan set-top box Nexus Player, di bawah nomor bentukan MPZ44Q. Pratayang pengembang ketiga (MPA44G) dirilis pada tanggal 17 Agustus 2015 untuk Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9 dan perangkat Nexus Player, dan diperbarui ke MPA44I yang membawa perbaikan yang berhubungan dengan profil Android for Work.

Android Marshmallow memperkenalkan model izin yang didesain ulang: sekarang ada hanya delapan kategori izin, dan aplikasi yang tidak lagi secara otomatis diberikan semua hak akses mereka ditentukan pada waktu instalasi. Sebuah sistem opt-in sekarang digunakan, di mana pengguna akan diminta untuk memberikan atau menolak izin individu (seperti kemampuan untuk mengakses kamera atau mikrofon) untuk aplikasi ketika mereka dibutuhkan. Aplikasi mengingat hibah izin mereka, dan mereka dapat disesuaikan oleh pengguna setiap saat. Model izin baru akan digunakan hanya oleh aplikasi yang dikompilasi untuk Marshmallow menggunakan kit pengembangan perangkat lunak (SDK) tersebut, sementara semua aplikasi lainnya akan terus menggunakan model izin sebelumnya. 

Marshmallow juga memiliki skema manajemen daya baru bernama Doze yang mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang saat perangkat menentukan bahwa itu tidak sedang aktif ditangani oleh pengguna, yang, menurut Google, menggandakan pemakaian baterai perangkat. Hal ini juga memperkenalkan pilihan untuk mengatur ulang semua pengaturan jaringan, tersedia untuk pertama kalinya pada Android, yang membersihkan pengaturan terkait jaringan untuk Wi-Fi, Bluetooth dan koneksi seluler.

Android Marshmallow memberikan dukungan asli untuk pengenalan sidik jari, memungkinkan penggunaan sidik jari untuk membuka perangkat dan otentikasi Play Store dan pembelian Android Pay; API standar juga tersedia untuk melaksanakan otentikasi berbasis sidik jari dalam aplikasi lain. Android Marshmallow mendukung USB Type-C, termasuk kemampuan untuk menginstruksikan perangkat untuk mengisi daya perangkat lain melalui USB. Marshmallow juga memperkenalkan "pranala yang diverifikasi" yang dapat dikonfigurasi untuk membuka langsung dalam aplikasi tertentu mereka tanpa petunjuk pengguna lanjut.
Versi API Android yang disediakan oleh Marshmallow adalah 23. Alat pengembang Android Marshmallow tersedia di Pengelola SDK di bawah tingkat API "MNC"

Fitur pada Android versi Marsmallow

Izin Aplikasi
Dengan Android 6.0, kini pengguna bisa memilih apakah mengizinkan aplikasi tertentu untuk mengakses fitur pada smartphone. Misalnya, pengguna tidak ingin WhatsApp mengakes lokasi Anda, maka pengguna bisa menonaktifkan fungsi lokasi dalam daftar 'apps permisssions'.

Penelusuran Memori
Versi Android M akan memberi tahu aplikasi yang paling banyak memakan memori. Ada tampilan baru dalam Android M untuk melihat berapa banyak memori yang diambil oleh masing-masing aplikasi dan pengguna dapat memonitor seberapa sering aplikasi tersebut berjalan.

Akses Fitur Sidik Jari Cepat
Smartphone keluaran terbaru atau smartphone flagship umumnya menampilkan sensor pemindai sidik jari (finger print). Android M akan mendukung sidik jari, tidak hanya untuk membuka (unlock) ponsel Anda, tetapi menawarkan cara baru untuk login ke Google Play Store.

Auto Backup
Android M secara otomatis mem-backup semua data pengguna dan setelan pengaturan ke Google Drive. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data atau kerepotan memindahkan data saat mengganti ponsel lama ke ponsel baru.

Hemat Konsumsi Daya
Android M diklaim membuat penggunaan perangkat mobile menjadi lebih efisien dibandingkan versi Lollipop. Versi terbaru Android ini memiliki mode yang menurunkan proses background, sehingga konsumsi daya baterai bisa lebih efisien.
Beberapa smartphone yang bakal mencicipi Andoird M pada akhir 2015 antara lain, Galaxy S6 Edge Plus, Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy S6 Duos, Galaxy Note 4 Duos, Galaxy Note 4, Galaxy Note Edge, Galaxy Alpha, dan Galaxy Tab A.



0 Feed back:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
WAES ALQORNY
+6285-60001-3003
Brebes, Indonesia
Powered by Blogger.

About

Facebook

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts

Instagram Photo Gallery

Blog Archive

Follow Us

Sponsor

Recent Posts

Site Links

Saya Waes alqorny, kelahiran Brebes 09 Mei 1991, setelah menempuh program S1 di salah satu perguruan tinggi Swasta di Yogyakarta saya berkarir sebagai staf IT diperusahaan telekomunikasi di Jakarta. disela-sela kesibukan saya terkadang menyisihkan waktu untuk menulis di blog pribadi dan menyelesaikan proyek desain grafis.

Latest Post

Popular Posts