Tuesday, 9 October 2012

Komponen PC

A.      Pengertian komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata “Computer” semula dipergunakan untuk menggambarkanorang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkankepada mesin itu sendiri. Asal mulanya pengolahan informasi hamper eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern di pakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika

B.      Komponen penyusun komputer
Komponen penyusun komputer terdiri dari 3 perangkat yakni:
-          Perangkat Input, meliputi: Keyboard, Scanner, joystick, Microphone, Mouse.dll
-          Perangkat Proses, meliputi: Processor
-          Perangkat Output, meliputi: Speaker,Printer,Monitor.dll
Berikut ini adalah nama-nama beserta fungsi perangkat pada Personal Computer.
1.       Processor
Processor sering di sebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.


2.       Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat output pada komputer yang berfungsi sebagai displayer yakni untuk menampilkan teks, grafik, dan lain-lain.


3.       Hardisk Drive
Hardisk drive adalah sebuah komponen hardware komputer yang berfungsi menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hardisk pertama kali diciptakan oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Hardisk terdiri dari 2 macam yaitu Hardisk ATA dan SATA (Serial ATA). Kapasitas hardisk terbesar hardisk saat ini mencapai 2 Terabyte dengan ukuran standar 3,5 inchi.
4.       Power Supply
Power Supply merupakan alat yang vital pada sebuah PC, karena sebagai pemasok daya listrik DC ke mainboard dari arus listrik AC. Power supply menyalurkan arus listrik ke berbagai perangkat CPU.


5.       Chip memory/RAM (Random access Memory)
RAM adalah sebuah perangkat yang mana perangkat tersebut merupakan sebuah tipe penyimpanan data komputer yang isinya dapat di akses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM juga dapa dikatakan sebuah memori yang dapat di baca dan di tulis, memori ini berupa papan rangkaian kecil berisi chip-chip yang mempunyai kapasitas tertentu.

6.       Keyboard
Keyboard merupakan alat yang digunakan untuk menjalankan PC sebagai media tulis atau ketik. Keyboard biasanya dihubungkan dengan socket jantan pin 5 kaki yang langsung dihubungkan dengan mainboard.

7.       Mouse
Mouse adalah alat bantu untuk mempermudah pengoprasian program aplikasi system operasi. Mouse langsung memakai interface card yang lansung ditancapkan ke expantion bus.




8.       Floopy disk drive
Floopy disk merupakan piranti atau alat yang digunakan untukmembaca dan menuliskan data pada disket. Floopy disk juga merupakan media penyimpanan pada PC.



9.       CPU/Casing
Casing/CPU adalah suatu lempengan berupa box yang berfungsi untuk menutupi, melindungi,  serta membungkus perangkat-perangkat keras lainnya yang ada didalamnya seperti : Mainboard, Processor, hardisk dan lain-lain.



10.   Heatsink Fan
Heatsink Fan merupakan material yang dapat menyerap dan menstabilkan panas dari suatu tempat yang bersentuhan dengan sumber panas dan membuangnya. Heatsink fan diletakkan diatas processor.



11.   Bateray CMOS
Bateray CMOS adalah sebuah bateray yang berfungsisebagai pemberi supply arus listrik pada mainboard CMOS.


12.   CD/DVD room drive
CD/DVD room merupakan piranti yang berbentuk seperti laci yang digunakan untuk membaca file dari CD,VCD, ataupun DVD. pembacaan file tersebut dilakukan dengan cara optic oleh sebuah head yang menggunakan infrared sebagai pendeteksi file-file yang ada pada CD.
13.   Flashdisk
Flashdisk sering disebut sebagai USB drive, pen drive, atau pocket drive yakni alat untuk menyimpan data atau file berupa NAND. Flashdisk tidak hanya berfungsi untuk menyimpan data melainkan juga memindahkan data dari komputer ke flashdisk atau sebaliknya. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik.

14.   Memory Card /MMC
Memory card merupakan media penyimpanan yang berupa lempengan kartu kecil yang mana berfungsi untuk menyimpan data atau file sama halnya seperti flashdisk.




15.   Card Reader
Card reader merupakan perangat tambahan atau perangkat pendukung yang berfungsi untuk membaca sebuah file atau data dari sebuah memory card.



16.   Printer
Printer adalah suatu alat untuk mencetak teks atau grafik dalam media kertas. cara kerja printer menggunakan interface paralel atau Centronic connector betina jenis 25 pin.




17.   Scanner
Scanner adalah perangkat pendukung dan juga termasuk erangkat input komputer yang digunakan untuk mengolah grafik dan teks, membaca, mengenali teks, serta memindahkan gambar menjadi informasi digital yang di olah komputer menjadi sebuah file.




18.   Stavolt (Voltage regulator)
Stavolt merupakan perangkat pendukung komputer sebagai regulator listrik  yang berfungsi untuk menjaga tegangan menjadi konstan.






19.   Kabel Power komputer
Kabel power merupakan kabel yang menghubungkan antara monitor dan CPU yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik  kedua perangkat tersebut.
20.   Kabel VGA
Kabel VGA merupakan kabel yang menghubungkan antara CPU dan monitor. Kabel tersebut tertancap di CPU yang menyalur ke VGA Card (Kartu grafis) yang kemudian datanya akan ditampilkan di layar monitor sebagai display drive.


21. Konektor Power ATX
Konektor power ATX merupakan sebuah konektor atau rangkaian kabel yang berfuni untuk mendapatkan supply arus listrik dari power supply ATX.



21.   Access point
Access pont merupakan perangkat yang menjadi sentral koneksi dari pengguna (User) ke ISP (Internet Service Provider) atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringannya adalah milik sebuah perusahaan. Access point berfungsi mengkonversikan sinyal frekeunsi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain.

22.   Repeater
Repeater merupakan sebuah perangkat koneksi yang berfungsi sebagai buffer yakni menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkan kembali dengan sinyal yang sama yang asli pada segmen kabel yang lain. Repeater memiliki fungsi antara lain: Untuk mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari Server (pemancar),  memperjauh sinyal dari Server (pemancar), serta Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server

23.   HUB
HUB adalah perangkat pendukung dalam suatu jaringan komputre yang digunakan sebagai protocol sinyal antara komputer server dengan komputer client satu sama lain. Hub digunakan untuk system jaringan yang menggunakan topologi star. Hub memiliki fungsi antara lain: Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation, Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater ), Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda ( Ethernet, Toket ring, FDDI ), Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan ), dan Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic).

24.   Wireless Network adapter
Wireless Network adapter merupakan Sebuah adapter jaringan komputer nirkabel mengizinkan sebuah perangkat komputasi untuk bergabung dengan LAN nirkabel. Adapter jaringan Wireless berisi built-in pemancar sekaligus penerima radio. Setiap adapter mendukung satu atau lebih dari 802.11a, 802.11b atau 802.11g standar Wi-Fi.



25.   TV Tuner USB
Komponen komputer  yang memungkinkan sinyal televisi dapat diterima oleh sebuah komputer. Kebanyakan TV tuner juga berfungsi sebagai video capture , yang memungkinkan mereka untuk merekam program televisi ke sebuah hard disk . selain bias dipasang di sebuah PC, ada juga TV tuner khusus yang juga bias dipasang di laptop.
2
26.   Headset
Headset memiliki 3 makna, yaitu : mikrofon, pasangan dari headphone dan alat tambahan untuk menggunakan earphone dan pemancar di kepala. Headset merupakan sebuah perangkat seperti bando yang memiliki , memiliki penutup telinga, dan dilengkapi dengan microphone. Headset paling cocok digunakan pada saat kita bermain game LAN, Webcam-an, VoIP dan game online, karena dengan menggunakan headset, kita dapat berkomunikasi dengan pemain lain secara lebih leluasa.
27.   Headphone
Headphone pada dasarnya tidaklah jauh berbeda dengan headset. Hanya saja, headphone tidak dilengkapi dengan microphone. Headphone sering digunakan untuk mendengarkan musik dari PC. Menurut sizenya headphone terbagi menjadi dua, yaitu : Full Size/Circumaural/Over Ear Headphone dan Supraaural/On Ear Headphone .
28.   Kabel USB
Kabel USB (Universal serial Bus) merupakan kabel yang tertancap di lubang USB CPU yang berfungsi untuk membaca atau mentransfer data/file dari perangkat lain seperti Card reader, Handphone dll ke perangkat komputer.


29.   Modem
Istilah Modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulator.
Pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog
Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima.
Dan Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.
Modem digunakan untuk menghubungkan media pengantar analog ke komputer, misalnya  dari telepon, wave line, dan satelit.

30.   Joystick
Joystick adalah alat untuk mendukung berbagai program  permainan (Game) komputer.





31.   Slot PCI
Slot PCI berfungsi tempat berbagai jenis kartu ekspansi jenis PCI







0 Feed back:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
WAES ALQORNY
+6285-60001-3003
Brebes, Indonesia
Powered by Blogger.

About

Facebook

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts

Instagram Photo Gallery

Blog Archive

Follow Us

Sponsor

Recent Posts

Site Links

Saya Waes alqorny, kelahiran Brebes 09 Mei 1991, setelah menempuh program S1 di salah satu perguruan tinggi Swasta di Yogyakarta saya berkarir sebagai staf IT diperusahaan telekomunikasi di Jakarta. disela-sela kesibukan saya terkadang menyisihkan waktu untuk menulis di blog pribadi dan menyelesaikan proyek desain grafis.

Latest Post

Popular Posts